Blog Berbahasa Indonesia di WordPress.com Hampir 2 Juta!

Awal minggu ini, jumlah pengguna WordPress.com (bedakan dengan WordPress.org) ternyata sudah menembus angka 50 juta. Wow, besar sekali! Apalagi jumlah itu masih terus bertambah hingga detik ini.

WordPress.com

Tapi ada hal yang tidak kalah menarik untuk disimak. Apa itu? Perkembangan jumlah pengguna Bahasa Indonesia di WordPress.com.

Saat Matt Mullenweg, pendiri WordPress, berkunjung ke Indonesia awal 2009 lalu, ia sempat mengatakan bahwa jumlah pengguna WordPress.com yang memakai bahasa Indonesia hingga Desember 2008 adalah terbanyak ke-3 setelah bahasa Inggris dan Spanyol. Yaitu 5% atau pada saat itu ‘hanya’ sekitar 280.000 blog.

Bahasa Indonesia di WordPress.com

Bandingkan dengan sekarang. Menurut data yang ada, saat ini pengguna bahasa Indonesia di WordPress.com masih masuk lima besar, tepatnya mencapai jumlah 3,5% dari total keseluruhan. Secara persentase memang terlihat menurun jika dibandingkan tiga tahun lalu. Tapi jangan salah mengira. Diambil dari jumlah keseluruhan yang -hingga artikel ini selesai ditulis- mencapai 50.379.143, maka kira-kira jumlah situs di layanan blog itu yang menggunakan bahasa Indonesia sekarang ternyata telah lebih dari 1,7 juta! Wow, sudah mendekati angka 2 juta! Angka itu adalah sekitar 6 kali lipat lebih banyak dari jumlah blog berbahasa Indonesia di WordPress.com di akhir tahun 2008. Fantastis!

Filed under: Apps, News Tag: , ,

1 comment to "Blog Berbahasa Indonesia di WordPress.com Hampir 2 Juta!"

  1. Youppie says:

    Bulan lalu saya ngasih pelatihan internet buat TU Sekolah dasar satu kecamatan. Disana mereka saya “paksa” bikin blog sebagai website sekolah mereka. Dari 29 SD, 27-nya bikin di wordpress. 😀

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *