Firefox Baru Setiap 6 Minggu!

Ada kabar gembira bagi pengguna browser Firefox. Jika jarak rilis dari Firefox 4 ke versi 5 belum lama ini terasa sangat pendek waktunya, maka bersiaplah untuk versi-versi selanjutnya yang bakal makin lebih singkat lagi. Tepatnya, 6 minggu saja!

Hal itu ditegaskan oleh Johnathan Nightingale, Director of Firefox Engineering, kemarin (19/7). “Most of the time, we’ll release a new Firefox every 6 weeks,” katanya via blog Mozilla.

Waktu 6 minggu untuk setiap versi baru Firefox jelas akan terasa sangat singkat. Bandingkan dengan proses sebelumnya yang biasanya butuh waktu berbulan-bulan bahkan tahunan.

Dijelaskan oleh Johnathan Nightingale bahwa sejak beberapa bulan belakangan ini, mereka bergerak lebih cepat dalam pengembangan Firefox dibandingkan sebelumnya. Sekarang, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk merilis sebuah versi adalah 18 minggu, terdiri dari 6 minggu waktu pengembangan (Central) dan 12 minggu masa stabilisasi (Aurora dan Beta).

Nah, sebenarnya setelah sebuah versi masuk ke tahap Aurora dan Beta, banyak pengembang yang bisa pindah ke proyek pengerjaan versi selanjutnya. Lihat gambar yang ada di bawah ini:

rrprocess2-500. Source: Mozilla.

Jadi, jika prosesnya berjalan lancar secara paralel seperti itu, maka versi baru Firefox bisa dirilis setiap 6 minggu sekali, tidak lagi per 12 atau 18 minggu.

Dengan percepatan rilis seperti sekarang ini, mereka juga memberi perhatian soal adanya dampak terhadap add-ons, plugins, dan software pihak ketiga lainnya yang terkait dengan Firefox. “We’re working with large organizations, too, to understand how rapid release can fit into their software deployment systems,” ujar Johnathan Nightingale.

Tapi, lebih lanjut, ia menegaskan bahwa, “Whatever adjustments we make, it’s clear that rapid release is a major improvement in our ability to respond to the needs of our users and the web.”

Gambar: Dok. Mozilla.

Filed under: Apps, News Tag: , , ,

1 comment to "Firefox Baru Setiap 6 Minggu!"

  1. Carlie says:

    That’s relaly thinking out of the box. Thanks!

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *