UPS IDC Duren Tiga Terbakar, Sejumlah Situs Web Mendadak Down

Sejak Minggu (12/8) sekitar pukul 8 malam, mendadak secara bersamaan sejumlah situs web di Tanah Air tidak bisa diakses (down). Termasuk di dalamnya adalah beberapa situs berita seperti detikcom, Okezone, dan KapanLagi. Ada apa?

Ternyata penyebabnya adalah pusat data Internet Data Center (IDC) Indonesia di daerah Duren Tiga, Jakarta yang menjadi tempat server dari sejumlah situs itu mengalami gangguan. Aliran listrik di tempat itu dipadamkan total karena salah satu dari delapan UPS yang ada tiba-tiba terbakar. Demikian rangkuman dari kabar yang disampaikan Johar Alam Rangkuti, Chairman IDC Indonesia lewat akun Twitter-nya.

Sekitar pukul 11 malam, Johar mengabarkan bahwa aliran listrik telah dinyalakan kembali sementara hanya untuk penerangan. Sementara untuk ruang mesin akan dilakukan secara bertahap.

Lewat tengah malam, perkembangan keadaan di lokasi semakin membaik. “Common area Lantai 3 lampu dan AC sudah nyala normal,” kata Johar dalam tweet-nya.

Menjelang pukul 1 dini hari (13/8), beberapa situs tersebut masih belum bisa diakses. Semoga bisa segera kembali normal.

UPDATE:
10:51 WIB: Sekitar pukul 8 pagi, situs Okezone sudah bisa diakses kembali. Menyusul kemudian, situs KapanLagi. Situs detikcom, Liputan6, Rolling Stone Indonesia, dan beberapa situs lainnya masih belum bisa diakses.

16:30 WIB: Sekitar pukul 13:00 WIB, detikcom sudah mulai bisa diakses kembali. Saat ini, situs-situs lain seperti Liputan6, Rolling Stone Indonesia dan lainnya yang sempat down juga sudah online kembali.

Filed under: Business, News. Bookmark the permalink.

2 comments to "UPS IDC Duren Tiga Terbakar, Sejumlah Situs Web Mendadak Down"

  1. Oka Mahendra says:

    beberapa portal sudah bisa di akses lagi,,,,detik masih belum bisa 10.42

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *