Kampanyekan Enkripsi, Mozilla Luncurkan Codemoji

Mozilla baru saja meluncurkan Codemoji, sebuah aplikasi edukasi menyenangkan untuk memperkenalkan chiper —algoritme dasar enkripsi— kepada pengguna Internet dengan menggunakan emoji.

Dengan Codemoji, yang platformnya berbasis Web, pengguna dapat menulis sebuah pesan mengkodekannya dengan menggunakan emoji, kemudian mengirim pesan itu ke teman. Pesan itu baru bisa dibaca jika penerimanya memasukkan emoji yang tepat.

Mozilla mengingatkan, Codemoji lebih ditujukan untuk menjadi alat pembelajaran, bukan platform untuk berbagi data pribadi.

Codemoji dikembangkan Mozilla bersama dengan TODO, biro kreatif dan desain di Turin, Italia. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi kepada pengguna Internet mengenai chiper dan dasar-dasar enkripsi.

“Ketika lebih banyak orang mengerti bagaimana cara kerja dan pentingnya enkripsi bagi mereka, maka akan lebih banyak orang bisa memperjuangkan enkripsi ketika dibutuhkan. Ini krusial: saat ini, enkripsi sedang terancam di seluruh dunia. Mulai dari Prancis, Australia, sampai Inggris, pemerintah-pemerintahnya mengajukan kebijakan yang akan mengganggu keamanan pengguna dengan melemahkan enkripsi. Di Amerika Serikat, FBI baru saja minta kepada Apple untuk merusak keamanan produknya sendiri,” ujar Mark Surman, Executive Director Mozilla.

Mozilla percaya bahwa enkripsi merupakan sarana paling penting yang kita miliki untuk membangun Internet yang lebih sehat dan aman. Lebih lanjut, Mark mengatakan, “Kami percaya bahwa Codemoji adalah langkah awal bagi pengguna Internet untuk lebih memahami enkripsi.”

Filed under: Apps, News Tag: , ,

1 comment to "Kampanyekan Enkripsi, Mozilla Luncurkan Codemoji"

  1. Um-am I reading the communist manifesto here??No. Marx never cared about the national identities of host societies. If anything, he approved of international capitalism's erosion of national identities as a stepping stone to world communism.

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *