Dua Jam Pertama, Pendaftaran .shop Lampaui 45 Ribu Domain

Ranah Internet Tingkat Teratas (Top Level Internet Domain, TLD) baru yang ditujukan bagi situs web terkait dengan usaha dagang tampaknya cukup diminati banyak pihak. Hanya dalam 30 menit sejak pendaftaran .shop dibuka untuk umum pada Senin, 26 September 2016, jumlah domain baru yang didaftarkan mencapai 39.801 buah. Hingga dua jam pertama, jumlahnya bergerak melebihi 45 ribu domain.

Sebelumnya, 1.000 nama telah didaftarkan oleh para pemegang merek selama masa 60 hari Sunrise dan sekitar 5.000 nama dalam periode Early Access. Ada 616 nama bernilai tinggi juga didaftarkan pada saat itu.

Meskipun bertujuan menjadi rumah global bagi perdagangan elektronik namun pendaftaran .shop terbuka tidak hanya bagi toko daring tetapi juga luring dan bagi siapa saja.

“Ini merupakan hari yang bersejarah bagi .shop. Kami terkesan dengan hasilnya tetapi ini masih baru permulaan. Ke depan, kami ingin berkontribusi bagi kesuksesan bisnis daring maupun luring dan mendukung inovasi dan pengembangan dalam perdagangan elektronik,” kata CEO GMO Registry, Hiro Tsukahara.

GMO Registry adalah operator layanan pendaftaran domain .shop. Perusahaan yang berbasis di Tokyo, Jepang itu berhasil mendapatkan hak pengelolaan .shop senilai $41,5 juta dalam sebuah lelang yang diadakan ICANN pada bulan Januari 2016 lalu.

Daftar registrar .shop terakreditasi bisa dilihat di get.shop.

FOTO: dok. nic.shop

Filed under: Business, News Tag: ,

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *