Facebook Perkenalkan Marketplace di Empat Negara

Facebook baru saja memperkenalkan fitur terbaru bernama Marketplace. Di Marketplace, pengguna bisa secara mudah menemukan, membeli, dan menjual barang-barang dengan orang-orang di lingkungan sekitar.

Sebenarnya, aktivitas jual beli di Facebook telah berlangsung sebelumnya lewat Facebook Groups dengan perkembangan yang cukup besar. Setiap bulan, lebih dari 450 juta orang mengunjungi berbagai grup jual beli yang telah ada.

Untuk masuk ke Marketplace, cukup ketuk ikon toko yang terletak di bagian bawah aplikasi Facebook dan mulailah menjelajah.

Di Marketplace, pengguna bisa dengan mudah mencari barang yang diinginkan berdasarkan lokasi, kategori, atau harga. Ketika tertarik dengan sebuah barang yang dijual, pengguna bisa menghubungi pembeli dan mengajukan penawaran harga. Jika cocok, proses transaksi bisa langsung dilakukan kedua belah pihak tanpa melibatkan Facebook.

“Facebook tidak memfasilitasi pembayaran ataupun pengiriman barang yang ada di Marketplace,” kata Mary Ku, Director of Product Management Facebook.

Bagaimana jika ingin menjual sebuah barang di Marketplace? Prosesnya cukup mudah. Hanya dalam empat langkah. Pengguna Facebook cukup memasukkan foto, mencantumkan nama produk, deskripsi, harga, dan lokasi, dan tidak lupa memilih kategori.

Sayangnya fitur terbaru Facebook ini belum dapat dimanfaatkan oleh seluruh penggunanya.

Untuk saat ini, Marketplace hanya tersedia bagi pengguna aplikasi Facebook untuk iPhone dan Android yang berusia di atas 18 tahun di empat negara saja. Yaitu, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

Akses bagi pengguna di negara-negara lain baru akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan. Begitu juga dengan Marketplace versi desktop.

Filed under: Apps, News, Social Media Tag: ,

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *