Beritagar.id Perkenalkan Robotorial

Akhir pekan lalu, Beritagar.id memperkenalkan Robotorial kepada pembacanya. Robotorial merupakan salah satu hasil eksperimen teknologi kecerdasan buatan untuk memproduksi konten secara otomatis.

beritagar

Sebagai materi awal eksperimen itu, Beritagar.id memilih laporan hasil pertandingan sepak bola. Alasannya, karena datanya konsisten dan berupa pengulangan sehingga informasi mendasar seperti gol yang tercipta, pencipta gol, dan tim yang memenangi pertandingan, dapat diolah cepat.

“Data hasil pertandingan dimaksud juga merupakan fakta yang tak butuh verifikasi sehingga dapat disajikan apa adanya kepada pembaca Beritagar.id,” kata Wakil Pemimpin Redaksi Beritagar.id, Rahadian P. Paramita lewat blog.

Sayangnya, karena keterbatasan data, penulisan laporan dari liga domestik Indonesia secara otomatis belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Untuk saat ini, yang tersedia baru laporan otomatis dari Liga Primer Inggris.

Laporan-laporan otomatis hasil pertandingan oleh Robotorial dapat diakses di kanal Arena Beritagar.id, khususnya dalam topik Hasil Pertandingan.

Rahadian mengatakan bahwa laporan hasil pertandingan sepak bola merupakan langkah awal mereka sebelum merambah ranah lain. Banyak sumber data lain yang bisa diolah menjadi narasi, selain laporan hasil pertandingan olahraga dan laporan keuangan. Misalnya, laporan kejadian gempa bumi.

One thought to “Beritagar.id Perkenalkan Robotorial”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *