Siapa di Balik Akun Twitter_ID?

Hari ini, 5 Agustus 2011, sebagian besar pengguna Twitter di Indonesia dikejutkan dengan kehadiran akun @Twitter_ID alias Twitter Indonesia. Ada yang langsung mem-follow, ada juga yang meragukannya. Bagi yang meragukannya, pertanyaan yang muncul tentu adalah: apakah akun itu resmi milik Twitter? Atau malah hanya ulah iseng seseorang. Manakah yang benar?

Keraguan memang susah dihindarkan, mengingat tidak adanya pengumuman resmi dari pihak Twitter mengenai akun tersebut. Di samping itu, akun Twitter_ID itu juga tidak memiliki tanda “verified” yang umumnya ada pada akun-akun resmi milik pihak Twitter.

Untunglah tim pengelola akun tersebut menyadari adanya keraguan itu. Prayudi Satriyo, mewakili anggota tim yang terdiri dari @adhimatera, @lowrobb, @pdh90, @prayudisatriyo, dan @rodin, segera memberikan penjelasan panjang lebar secara tertulis di sini.

Dalam penjelasan itu, mereka membantah akun itu berbau penipuan. “@twitter_id adalah akun Twitter Tidak Resmi, tetapi @twitter_id adalah Akun Komunitas yang dibuatkan oleh Twitter untuk teman-teman di Indonesia. @twitter_id tidak dipantau oleh Twitter, tetapi oleh Moderator Pusat Penerjemahan Twitter. Kami bukan akun peniruan / penipuan,” demikian bantahan mereka di awal tulisan itu.

Mengenai kenapa akun @twitter_id tidak “verified” juga dijelaskan di sana. Mereka juga mengingatkan bahwa tidak sembarangan orang bisa membuat akun di Twitter yang mengandung kata “twitter” seperti nama akun yang mereka kelola itu. “Karena setiap nama pengguna yang mengandung kata โ€˜twitterโ€™ harus dibuat oleh tim Twitter itu sendiri,” kata Prayudi dalam tulisannya itu.

Saya sendiri sore tadi sebenarnya sudah mencoba mengkonfirmasi soal akun tersebut ke @translator (verified) milik Twitter via DM dan sudah dijawab, tapi jawabannya tidak bisa saya paparkan di sini karena belum mendapat izin.

Namun, tiba-tiba malam ini ada kicau terbaru dari akun @translator yang isinya mengucapkan selamat datang kepada akun @Twitter_ID dan juga @Twitter_NL sebagai “unofficial accounts managed by the community“.

Jadi, sekarang sudah jelas, bukan? ๐Ÿ™‚ Atau masih tetap ragu? ๐Ÿ˜ฎ

Filed under: News, Social Media Tag: ,

1 comment to "Siapa di Balik Akun Twitter_ID?"

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *