Mozilla Marketplace Akan Diluncurkan di Mobile World Congress 2012

Ada kabar baik bagi para pengembang Web. Mozilla, organisasi nirlaba yang berdedikasi meletakkan kekuatan Web di tangan masyarakat, mengumumkan bahwa Mozilla Marketplace akan diluncurkan di Mobile World Congress 2012 minggu depan untuk para pengembang yang ingin memasukkan aplikasi Webnya.

Dengan dibangun di atas teknologi Web terbuka seperti HTML5 dan API yang-diusulkan-Mozilla, Mozilla Marketplace akan membuat para pengembang dapat menulis sebuah aplikasi yang berjalan lintas peranti dan platform. Sebagai bagian dari misi Mozilla untuk menjaga Web tetap terbuka dan menempatkan orang-orang dalam mengendalikan pengalaman Web mereka, para pengguna dapat membeli aplikasi sekali saja dan bisa menggunakannya pada peranti HTML5 apa saja.

”Web adalah platform terbesar di dunia. Kami membuat Web menjadi pasar, memberikan kesempatan kepada para pengembang untuk bermain di lahan terbesar yang dapat dibayangkan,” kata Todd Simpson, Chief of Innovation Mozilla lewat rilis pers. “Dengan membangun bagian yang hilang, Mozilla sekarang membuka potensi Web menjadi platform untuk menciptakan dan menggunakan konten di mana saja.”

Platform Mozilla Web Apps akan menampilkan:

  • Mozilla Marketplace, pasar sistem operasi dan peranti independen pertama untuk aplikasi berbasis teknologi Web terbuka seperti HTML5, JavaScript, dan CSS.
  • API yang-diusulkan-Mozilla baru yang memperkuat Web sebagai sebuah platform dan akan dikirim ke W3C untuk standarisasi.
  • Sebuah sistem identitas baru bagi Web yang menempatkan pengguna untuk mengontrol konten mereka, mendekatkan aplikasi ke pengguna dan bukan peranti atau platform.

Setelah Mozilla Marketplace akan dibuka untuk para pengembang di Mobile World Congress minggu depan, selanjutnya akan dibuka bagi konsumen dalam tahun ini juga. Mozilla Marketplace akan menampilkan aplikasi dalam kategori-kategori seperti permainan, media, musik, produktivitas, dan lainnya.

Filed under: Apps, News Tag: , , ,

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *