Pemprov Jawa Tengah Gunakan Twitter Kemala untuk Respons Cepat Keluhan Warga

Belum lama ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengumumkan kemitraan dengan Twitter Indonesia melalui penggunaan Twitter Kemala untuk meningkatkan pelayanan publik dan interaksi dengan warga.

Twitter Kemala, singkatan dari Kelola Melantas Layanan, merupakan solusi layanan publik yang disediakan Twitter untuk mempermudah komunikasi dan interaksi seketika antara pemerintah dengan warganya.

Di Indonesia, Provinsi Jawa Tengah menjadi institusi pemerintahan pertama yang menggunakan Twitter Kemala untuk menjalankan praktik e-governance yang lebih efisien dan transparan.

“Warga Jawa Tengah menggunakan Twitter sebagai salah satu platform tercepat untuk berkomunikasi dengan pemerintah. Twitter Kemala memungkinkan saya atau Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendengarkan pertanyaan, permintaan, maupun keluhan masyarakat. Sekaligus dengan cepat pula mengambil tindakan yang diperlukan,” kata Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah lewat tulisan blog.

Dengan solusi pelayanan publik berbasis Twitter ini, warga hanya perlu mengirimkan Tweet yang menyertakan tagar #KemalaJateng. Twitter Kemala akan membantu memproses Tweet yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk kemudian didelegasikan dan ditindaklanjuti oleh institusi terkait secara real-time.

“Kami bangga dapat bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membantu mereka menyediakan layanan publik yang lebih baik lagi melalui Twitter Kemala,” ujar Teguh Wicaksono, Partnerships Manager Twitter Indonesia.

Twitter Kemala dikembangkan sebagai solusi pelayanan publik yang dapat digunakan oleh mitra-mitra Twitter di Indonesia, terutama lembaga-lembaga pemerintah. Twitter Kemala memungkinkan berbagai institusi untuk menyediakan informasi dan respon yang cepat, efisien, serta real-time terhadap berbagai pertanyaan, permintaan, maupun keluhan masyarakat.

Solusi layanan publik yang dibuat oleh Twitter ini diluncurkan pertama kali di India dengan nama Twitter Seva.

FOTO: dok. Twitter Indonesia

Filed under: Apps, News Tag:

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *