Teknologi Penelusuran Suara Google Hadir dalam Bahasa Jawa dan Sunda

Ada kabar gembira bagi pengguna Google yang biasa berbahasa Jawa dan Sunda. Sekarang, pengguna dapat berbicara dalam bahasa Jawa dan Sunda saat menggunakan aplikasi Google App, aplikasi Google Translate serta aplikasi papan tik pintar Gboard di Android. Ini merupakan hasil kerja sama Google dengan beberapa universitas di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Menelusuri informasi dalam bahasa Jawa dan Sunda semakin mudah dan cepat. Pengguna cukup berbicara ke ponsel untuk mencari informasi tanpa harus mengetik pada papan tik berukuran kecil.

Pengguna bisa langsung mengetuk ikon mikrofon di Google App dan berbicara, “Jadwal bal-balan dino iki”, “panganan enak nang Rusia,” atau “Batagor nu raos caket dieu”. Pastikan sebelumnya telah mengganti sistem pengaturan suara (voice) ke dalam bahasa Jawa atau Sunda.

Penelusuran dalam bahasa Jawa merupakan salah satu penelusuran terpopuler di Google. Contohnya, ‘lagu dolanan anak’ atau ‘tembang macapat pangkur’ menjadi kata kunci yang paling sering dicari oleh netizen di Pulau Jawa. Demikian seperti disampaikan via blog Google Indonesia.

Perlu diketahui bahwa untuk menerapkan variasi bahasa baru, Google bekerja sama dengan penutur asli untuk mengumpulkan contoh percakapan, dan meminta mereka membaca frasa yang umum digunakan. Proses ini melatih model machine learning Google untuk memahami suara dan kata dalam bahasa baru serta meningkatkan akurasinya saat menangkap lebih banyak contoh suara dan kata dari waktu ke waktu. Dengan semakin banyaknya penutur bahasa asli yang menggunakan produk ini, teknologi masukan suara untuk masing-masing bahasa ini pun akan terus menjadi semakin baik.

Filed under: Apps, News Tag: , ,

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *