Ubah Fokus Pemberitaan, Beritagar.id Ganti Nama dan Rampingkan Redaksi

Ada kabar mengejutkan dari Beritagar.id. Situs berita yang lahir pada 24 Agustus 2015 sebagai gabungan dari situs kurasi publik Lintas.me dengan situs kurasi Beritagar.com itu mengumumkan bahwa fokus pemberitaan mereka akan berubah secara bertahap ke arah jurnalisme berbasis data yang lebih banyak grafis dan lebih banyak artikel tentang data. Demikian seperti yang disampaikan dalam tulisan bertajuk “Surat dari Jatibaru: data dan perampingan redaksi” di situs webnya pada hari Senin lalu (21/10).

beritagar

Seiring dengan perubahan fokus itu, nama Beritagar.id akan berganti menjadi Lokadata.id pada bulan Desember 2019 mendatang. Di sisi lain, perubahan tersebut ternyata membuat terjadinya perampingan tim redaksi atas nama efisiensi. Sebanyak 17 orang jurnalisnya terpaksa harus “berpisah-kantor”, begitu istilah yang dipakai.

Tampaknya, Beritagar.id maupun Lokadata.id nanti akan lebih banyak mengandalkan mesin kecerdasan buatan, salah satu kekuatan mereka selama beberapa tahun belakangan ini, dalam memproduksi artikel. Semoga berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.