Opera Hadirkan VPN Gratis untuk Pengguna Desktop

Ada kabar gembira bagi pengguna peramban Opera untuk desktop. Opera menghadirkan sebuah fitur baru berupa VPN (virtual private network) gratis dan tidak terbatas dalam perambannya bagi penggunanya.

Dengan kehadiran VPN yang terintegrasi dalam peramban, pengguna Opera nantinya tidak perlu repot mengunduh ekstensi VPN atau membayar biaya berlangganan VPN jika hendak mengakses situs web yang diblokir dan menjelajah web secara aman ketika menggunakan koneksi Wi-FI di tempat umum.

“Kami adalah pembuat peramban terkemuka pertama yang mengintegrasikan VPN gratis dan unlimited. Hingga sekarang, rata-rata layanan VPN dan peladen proksi dibatasi dan berbayar. Opera ingin membuat VPN tersedia bagi setiap orang, itulah alasan kami menghadirkan fitur VPN gratis dan tidak terbatas yang mudah digunakan,” kata Krystian Kolondra, SVP Global Engineering Opera for computers, lewat tulisan di blog resmi Opera.

Untuk mengaktifkan fitur baru ini, pengguna Mac hanya perlu mengklik menu Opera, pilih “Preferences” dan geser sakelar VPN pada posisi on (aktif).

Sementara bagi pengguna Windows dan Linux, cukup masuk ke bagian “Privacy and Security” di “Settings” dan aktifkan VPN di sana. Setelah itu, sebuah tombol akan muncul di sebelah bidang alamat peramban yang dapat digunakan pengguna untuk mengecek alamat IP, meninjau statistik penggunaan data, dan mengganti lokasi peladen VPN (tambahan lokasi akan menyusul kemudian).

Ingin segera mencoba fitur baru itu? Untuk sementara, fitur VPN ini baru tersedia di Opera 38 versi pengembang (developer). Silakan mengunduhnya di www.opera.com/developer.

GAMBAR & VIDEO: Opera

Filed under: Apps, News Tag: , , ,

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *