Google Station Berakhir

Ada kabar kurang baik dari Google. Program Google Station telah diputuskan untuk diakhiri. Penutupannya akan dilakukan secara bertahap sepanjang tahun 2020. Demikian seperti diumumkan Google baru-baru ini.

google station
Google Station merupakan salah satu inisiatif Google di Indonesia dalam rangka menyediakan akses ke informasi dan internet. Berawal di India tahun 2015, Google meluncurkan Google Station di Indonesia pada tahun 2017 melalui kerja sama dengan beberapa partner lokal. Melalui program ini, Google bermitra dengan perusahaan telekomunikasi dan Internet Service Provider (ISP) untuk menyediakan akses WiFi yang cepat dan gratis di berbagai ruang publik.

Akan tetapi, sesuai paparan dalam pengumuman itu, saat Google mempertimbangkan fase selanjutnya untuk memungkinkan lebih banyak pengguna memanfaatkan internet, menjadi jelas bahwa jika dibandingkan dengan waktu mereka memulai Google Station tiga tahun lalu di Indonesia, kini akses internet sudah jauh lebih mudah.

Perubahan ini, ditambah dengan tantangan yang timbul dari tidak seragamnya persyaratan teknis dan infrastruktur antara masing-masing partner dan negara, membuat Google merasa sulit untuk terus memperluas program ini dan membuatnya berkelanjutan, terutama bagi para rekanannya. Mereka juga melihat potensi untuk membawa dampak positif yang lebih besar dengan berfokus pada penyediaan produk dan fitur yang lebih sesuai bagi inisiatif Next Billion Users (NBU).

Leave a Reply

Your email address will not be published.