Bukalapak Ganti CEO

Hari ini Bukalapak mengumumkan perubahan komposisi di level C-Suite, khususnya pergantian pada posisi Chief Executive Officer (CEO). Yaitu, dari Achmad Zaky, salah satu dari tiga pendiri Bukalapak, ke Rachmat Kaimuddin sebagai CEO baru Bukalapak. Perubahan di dalam perusahaan unicorn Indonesia yang didirikan pada Januari 2010 itu terhitung efektif mulai 6 Januari 2020 mendatang.

bukalapak ceo

Dalam isi pengumuman via blog Bukalapak, dijelaskan bahwa pergantian CEO tersebut merupakan kelanjutan dari rencana jangka panjang perusahaan memasuki dekade kedua dan dalam rangka membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan. Sebelumnya, pada bulan Oktober 2016 lalu telah dilakukan penunjukan Willix Halim sebagai Chief Operating Officer (COO) Bukalapak untuk memperkokoh tim manajemen.

Dengan perubahan ini, susunan kepemimpinan baru level atas di Bukalapak menjadi terdiri dari Rachmat Kaimuddin sebagai CEO, Fajrin Rasyid sebagai Presiden dan Co-Founder, Nugroho Herucahyono sebagai Chief Technical Officer (CTO) dan Co-Founder, Willix Halim sebagai Chief Operating Officer, Natalia Firmansyah sebagai Chief Financial Officer, Teddy Oetomo sebagai Chief Strategy Officer, dan Bagus Harimawan sebagai Chief of Talent.

Setelah tidak menjabat sebagai CEO, Achmad Zaky akan berperan sebagai Penasihat dan Pendiri Bukalapak, Tech Startup Mentor, dan juga Ketua pada Yayasan Achmad Zaky yang akan segera didirikan.

“Kami memulai Bukalapak dengan semangat pribadi untuk menciptakan dampak positif bagi UMKM. Saya bangga dalam waktu 10 tahun, Bukalapak dikenal di peta dunia sebagai e-commerce Indonesia yang terkemuka. Sekarang, kami mengajak Rachmat bergabung agar bisa mengarahkan Bukalapak ke tingkat yang lebih hebat lagi. Saya percaya Rachmat adalah orang yang tepat, bagian dari tim yang tepat, di posisi yang tepat, dan datang pada waktu yang tepat,” kata Achmad Zaky.

Muhammad Rachmat Kaimuddin, nama lengkap CEO baru Bukalapak, sebelumnya adalah Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk sejak tahun 2018. Dia juga pernah menjabat sebagai Senior Associate Boston Consulting Group, Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, Vice President Baring Private Equity Asia, dan Principal Quvat.

“Dengan segala kerendahan hati, saya merasa terharu dan bangga mendapat kepercayaan dari para pendiri Bukalapak untuk melanjutkan peran Mas Zaky dan menjadi bagian dari proses pertumbuhan Bukalapak ke tahap selanjutnya. Saya berharap dapat membantu Bukalapak memberikan dampak lebih luas untuk Indonesia,” kata Rachmat Kaimuddin.

SUMBER & FOTO: BUKALAPAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *